Problem Picking & Print-trough pada Coated Paper

Senin

Dear pak Andri,

Sebenarnya agak sulit menentukan masalah yang terjadi hanya dari foto-foto tersebut. Untuk kasus Golden Gloss beberapa peluang problem Picking dapat terjadi, seperti dried coating dan uneven coating. Sedangkan untuk kasus Print-through, perlu dilihat density tinta di permukaan cetaknya. Analisa lebih akurat akan didapatkan jika mengamati secara langsung defect-defect tersebut. Namun, saya akan mencoba menjawab problem tersebut dari kemungkinan yang terdekat yang bisa ditunjukkan oleh foto-foto tersebut.


1. Picking

a. Yang perlu diamati terlebih dahulu adalah apakah pada permukaan kertas yang belum dicetak tsb terdapat bintik atau permukaannya kasar? Jika ada, kemungkinan bintik putih pada area image cetak dihasilkan oleh permukaan tsb (uneven coating). Hal ini tidak dapat dilakukan treatment apapun oleh pencetak.

 b. Pada permukaan kertas yang belum dicetak apakah ada serpihan/partikel coating yang mengeras dan mudah lepas ketika dicongkel? Jika ada, berarti bintik putih di area image cetak dihasilkan oleh cabutan dried coating tersebut oleh blanket cetak.

c. Jika kondisi permukaan kertas baik dan rata, kemungkinan fenomena yang terjadi adalah coating pick-up (picking), dimana permukaan kertas tidak sanggup menahan tarikan tinta pada blanket. Hal ini dapat dicegah dengan cara menurunkan tackiness tinta dengan reducer pada tingkat density warna yang dapat diterima oleh user.Penambahan drier pada tinta perlu dilakukan untuk mengkompensasi pengaruh reducer yang memperlambat kecepatan setting & drying tinta.

d. Penggunaan tape untuk mengetahui kekuatan mekanis permukaan kertas sebenarnya hanya untuk pemeriksaan secara kasar. Pemeriksaan lebih detail biasanya menggunakan metode tes IGT. Secara umum permukaan mekanis kertas Golden Gloss memang relatif lebih rendah dari cast coated yang lain. Hal ini merupakan desain spesifikasi produk tersebut untuk segmen dibawah cast coated Arcadia, dimana pencetak harus menyesuaikan karakter tacky dan viskositas tinta, serta press yang relatif lebih rendah dari biasanya. Sehingga untuk menghasilkan density warna yang diinginkan, disarankan menggunakan tinta high density.

2. Print Through

Penyebab dari problem ini dari sisi cetak adalah terlalu banyaknya volume tinta saat mencetak. Sedangkan dari sisi kertas, terlalu tingginya kapilaritas dan surface tension permukaan coating dapat menjadi penyebabnya, dimana ini ditandai oleh densitas warna yang tampak menurun. Penggunaan terlalu banyak CaCO3 pada pigment bahan coating merupakan salah satu penyebabnya.

Semoga membantu.

http://paperapplications.blogspot.com/2009/09/problem-picking-print-trough-pada.html
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. arix - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger