Kertas Berdebu

Senin

Perkenalkan sebelumnya, saya adalah pemilik salah satu percetakan offset. Selama ini saya cukup disulitkan dengan permasalahan debu kertas yang mengotori area cetak sehingga menimbulkan waste yang cukup banyak, terutama pada jenis board. Kalau debunya sangat banyak, kami terpaksa melakukan cetak 2x, dengan cetak pertama hanya menggunakan air pembasah saja untuk mengangkat debunya.

Mohon penjelasan bapak kenapa debu kertas bisa sangat banyak? Adakah cara lain untuk mengatasinya? Terima kasih sebelumnya.

M. Farid, Jakarta


-----------------------------------

 Bapak Farid,

Yang pertama kali perlu dianalisa dalam kasus debu atau dusting ini adalah apakah debu sudah ada di permukaan kertas sebelum atau sesudah proses potong/cetak di tempat anda. Anda dapat melakukan pemeriksaan debu dengan menyorot permukaan kertas yang baru dibuka dari pembungkusnya dengan bantuan lampu senter. Amati juga kondisi potongan dari tumpukan ream tersebut. Jika kondisi tepi potongan berserabut kemungkinan besar debu yang ada di permukaan kertas berasal dari pisau potong produsen kertas yang kurang tajam. Sebaiknya lakukan pemotongan ulang jika ukuran kertas masih memenuhi ukuran untuk dicetak dan cek sekali lagi kondisi hasil potongannya. Namun, jika terpaksa tidak dapat dilakukan pemotongan ulang, gunakan kertas ampelas halus untuk mengikis bagian yang berserabut dan setelah itu sambil melakukan fanning, gunakan mesin penghisap debu untuk menghilangkan debu di permukaan tepi kertas. Dalam kondisi darurat, langkah ini lebih efisien daripada menjalankannya di mesin cetak dalam kondisi kosongan

Selain itu, jangan lupa untuk melaporkan masalah ini kepada supplier kertas anda untuk meminta dilakukan perbaikan kualitas di masa mendatang.

http://paperapplications.blogspot.com/2009/09/kertas-berdebu.html
Share this article :

1 komentar:

  1. Las Vegas' first-ever COVID-19 casino opens in 2022
    The Wynn Las Vegas opened 부산광역 출장마사지 in September 2020, and the first ever COVID-19 성남 출장안마 resort 춘천 출장샵 was built 포천 출장샵 on the 춘천 출장샵 corner of Paradise and the

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. arix - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger