Kertas HVS Bergelombang

Senin

Halo Dunia Kertas. Kami pemain baru dalam bidang cetak sheet-offset. Akhir-akhir ini kami seringkali menghadapi problem kertas HVS bergelombang pada bagian tepinya sebelum dicetak, sehingga hasil cetak tidak maksimal dan berkerut. Mohon penjelasan mengapa kertas HVS mudah sekali bergelombang dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih sebelumnya.

Adrian, Jakarta.
---------------------------------------

Bung Adrian,
Problem kertas HVS yang bergelombang (wavy edges) seringkali berkaitan dengan faktor perbedaan kelembaban antara kertas dengan kelembaban ruang penyimpanannya atau ruang cetak. Hal ini diakibatkan oleh sifat alamiah kertas yang bahan bakunya berasal dari serat kayu dan mudah sekali berinteraksi dengan uap air. Apalagi untuk negeri tropis seperti Indonesia, saat musim hujan kelembaban udara akan lebih tinggi dari pada di musim kemarau. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi perbedaan kelembaban tersebut, kadar uap air pada kertas biasanya didesain pada tingkat 5.5% hingga 6.5% dan pada permukaannya dilapisi dengan bahan sizing, dengan harapan kondisi kertas akan tetap flat meskipun terjadi variasi kelembaban pada musim kemarau dan musim hujan.

Jika problem gelombang ditemukan saat rim kertas masih tertutup rapat dalam pembungkusnya, cobalah memindahkannya ke tempat yang lebih kering sedikitnya selama 24 jam. Namun, jika problem ini tetap terjadi meskipun telah dilakukan pemindahant, anda bisa menghubungi supplier kertas anda untuk meminta dilakukan pemeriksaan.

Jika gelombang terjadi setelah dipotong ke ukuran cetak, ini artinya kelembaban di ruang pemotongan atau ruang cetak berbeda cukup signifikan dengan tingkat kelembaban kertas. Dalam kondisi ini kertas tidak boleh dibiarkan terlalu lama terpapar dengan udara sekitar. Sesaat setelah pemotongan, bungkuslah dengan menggunakan stretch-film. Sesegera mungkin lakukan pencetakan pada kertas tersebut. Pada bagian tepi kertas yang telah terlanjur mengalami gelombang, sebaiknya dipotong beberapa milimeter untuk mengurangi tingkat gelombangnya sehingga dapat tetap dicetak tanpa masalah.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. arix - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger