Tips Memilih Kertas Untuk Printing dan Converting

Senin

Beberapa kasus keluhan pelanggan yang pernah mampir ke meja saya, kadang saya jumpai kasus yang bersumber dari ketidaktahuan akan spesifikasi dan rekomendasi penggunaan kertas yang mereka pakai. Kekecewaan akan kualitas hasil cetak maupun converting, biasanya disampaikan setelah mereka selesai memproses kertas yang mereka beli. Contohnya, pada kasus delaminasi kertas HVS (Uncoated Woodfree) dan Brief Card yang diproses extrude laminating. Contoh lain, problem gelombang pada kertas jenis HVS Preprinted yang dicetak 2 sisi dengan 4x naikan tanpa diisolasi sama sekali.



Anggapan bahwa semua kertas sifatnya sama dan dapat diproses dengan material dan mesin cetak/converting yang ada, seringkali disampaikan oleh pemakai kertas yang mengajukan keluhan. Apalagi, jika sebelumnya kertas jenis tersebut ternyata telah mereka gunakan dengan baik tanpa masalah apapun, hal ini tentu akan menjadi lebih sulit dipahami jika keluhan tersebut ternyata ditolak oleh supplier kertas. Oleh sebab itu, penting bagi para printer dan converter untuk menggunakan kertas sesuai rekomendasi peruntukannya agar keluhan kualitas produk dapat diterima oleh supplier maupun kualitas hasil jadinya sesuai yang diharapkan.


Berikut ini adalah tips yang dapat dipakai dalam memilih kertas:


Mintalah selalu spesifikasi teknis kertas yang akan anda beli beserta rekomendasi penggunaannya pada sales representative supplier kertas anda, terutama untuk kertas yang selama ini belum pernah anda gunakan. Tentu hal yang baik jika anda dapat memahami nilai setiap parameter dalam spesifikasi tersebut. Namun, jika anda tidak tidak dapat memahami spesifikasinya, mintalah saran apakah kertas tersebut dapat memenuhi level kualitas hasil akhir yang anda inginkan dan cocok dengan material penunjang yang anda gunakan, seperti bahan lem, tinta, PE, Varnish, dan sebagainya. Jika bahan dan parameter proses anda sangat spesifik, mintalah sampel untuk anda ujicoba terlebih dahulu.


Biasanya pada teknikal spesifikasi produk kertas hanya dicantumkan parameter yang umum saja. Namun anda dapat menanyakan pada supplier kertas anda parameter khusus yang diperlukan untuk proses anda, seperti formation, moisture content, size effect, dan porositas yang penting untuk mengetahui tingkat penetrasi liquid.


Jika anda sangat mempedulikan masalah runnability, fokuslah


http://paperapplications.blogspot.com/2009/09/tips-memilih-kertas-untuk-printing-dan.html

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. arix - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger